Surakarta Jadi Percontohan Giga City 5G

SURAKARTA, suarapembaharuan.com – Kota Surakarta menjadi kota percontohan model teknologi konektivitas Giga City guna menghadirkan pengalaman digital sebagai infrastruktur TIK di masa depan. 


Ist

Hal ini diwujudkan dengan penandatangan kerja sama antara Kota Surakarta dan Huawei Indonesia di Solo Technopark (STP) Selasa kemarin. 


Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh CEO Huawei, Guo Hailong dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.


“Dengan kerja sama ini, nantinya Solo akan menjadi contoh Giga City 5G dengan jaringan internet 5G tercepat di Indonesia,” ungkap Gibran.


Gibran mengatakan,  kerja sama dengan Huawei merupakan upaya Pemkot Solo untuk menghidupkan Solo Technopark yang menurutnya mati suri.


“Solo Technopark ini sudah ada lama, tapi juga sudah lama mati suri. Ini makanya ingin kita hidupkan kembali dengan membawa banyak sekali partner-partner ke sini, dan hari ini kita sudah _signing_ dengan Huawei. Harapannya, nanti bisa memberikan kontribusi lebih untuk Kota Solo dan Solo Technopark tentunya,” katanya.


Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Huawei Indonesia Muhammad Rosyidi memandang Kota Solo, utamanya Solo Techno Park memiliki ekosistem pendukung yang mumpuni menuju Giga City 5G.


“Melihat Solo Technopark dan fasilitasnya dan sistemnya yang sudah sangat baik tersedia, hingga pemanfaatan langsung bisa dilaksanakan,” ucap Rosyidi.


Rosyidi menjelaskan, Giga City 5G merupakan proyek Huawei untuk membangun jaringan 5G di kota Solo. Proyek ini bertujuan untuk membuat jaringan di seluruh kota yang mampu memberikan kecepatan ultra cepat dan latensi rendah.


“Jaringan ultra cepat akan memungkinkan berbagai aspek layanan yang dapat ditingkatkan, semisal transportasi pintar, yang mana jaringan 5G dapat digunakan untuk meningkatkan manajemen lalu lintas dan menciptakan sistem transportasi umum yang lebih efisien,” paparnya.


Di bidang kesehatan, terang Rosyidi, jaringan 5G dapat digunakan untuk memberikan perawatan medis jarak jauh dan memantau kesehatan pasien secara real time. Sementara itu, di bidang pendidikan cerdas, jaringan 5G dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran online dan memberi siswa akses ke sumber daya pendidikan berkualitas tinggi.


“Jaringan 5G juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi pabrik dan meningkatkan efisiensi produksi serta untuk menghubungkan berbagai sistem kota dan meningkatkan efisiensi layanan perkotaan,” pungkasnya.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama