Puluhan Penyandang Disabilitas Raih SIM Gratis dari PT PDC

RIAU, suarapembaharuan.com - Puluhan penyandang disabilitas mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) di wilayah Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, melalui program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan PT Patra Drilling Contractor (PDC).


Foto : Para penyandang disabilitas yang mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) di wilayah Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, melalui program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan PT Patra Drilling Contractor (PDC). (Istimewa)

Bukan hal yang mudah PT PDC sebagai perusahaan penunjang industri migas di Indonesia untuk meyakinkan para penguji bahwa disabilitas juga berhak mendapatkan izin berkendara (SIM) seperti masyarakat pada umumnya. 


Namun berkat bantuan dari semua pihak seperti pemerintah daerah dan Satlantas Polres Bengkalis, program ini dapat terlaksana dari total 26 peserta, 22 orang dinyatakan lulus berkendara.


Dalam keterangannya yang diterima, Direktur Utama PT PDC, Faried Iskandar Dozyn mengatakan program CSR ini dalam rangka untuk memenuhi perlengkapan berkas, dokumen administrasi untuk berkendaraan penyandang disabilitas. Ini dikarenakan saat menggunakan kendaraan wajib memiliki surat-surat yang lengkap seperti SIM.


"Kami akan terus berupaya meningkatkan kepedulian kepada penyandang disabilitas agar mereka dapat bertumbuh bersama dan memiliki kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera. Kami juga berharap kepada penerima agar dapat menggunakan surat izin mengemudi ini sebagai mana mestinya jadi sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," kata dia.


Bantuan pelatihan SIM yang berlangsung selama 10 hari itu sangat menyentuh dan menyadarkan banyak pihak. Mereka yang memiliki kekurangan dapat bersaing dan hidup normal dengan kemampuan berkendara serta juga mobilitas yang baik. Tentunya dengan tetap mematuhi kelengkapan administrasi dalam berkendara.


Seremonial CSR pemberian SIM kepada para disabilitas dihadiri langsung Bupati Bengkalis diwakili Asisten II Toharudin, Plt Kadis Sosial Bengkalis Hambali, Plt Kadisnakertrans Bengkalis Salman Alfarizi, Danramil/03 Mandau Kapten Arh Jemirianto, Kasat Lantas Polres Bengkalis diwakili Kanit Kamsel Aipda Riduan, dan Ketua Komite SLB Cendana Duri Mukhlis.


Kepala Sekolah SLB Cendana Duri, Nurfitri Elyondri mengapresiasi PT.PDC dengan adanya program pembuatan SIM gratis dapat diikuti antusias penyandang disabilitas.


"Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat luas terkait hal-hal penyandang disabilitas dan semoga seluruh elemen pemerintah dan swasta juga dapat memfasilitasi kebutuhan bersosialisasi bagi penyandang disabilitas," ujarnya.


Kasat Lantas Polres Bengkalis melalui Kanit Kamsel Aipda Rinduan menyebutkan Satlantas Polres Bengkalis sangat bersedia dengan adanya kegiatan pembuatan SIM kepada penyandang disabilitas ini. 


"Kami akan memberikan edukasi kepada penyandang disabilitas untuk berlalu lintas yang baik. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berlanjut. Kami dari Satlantas Polres Bengkalis selalu mendukung kegiatan ini," ucapnya.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama