United E-Motor Ekspansi ke Malaysia

JAKARTA, suarapembaharuan.com – PT Terang Dunia Internusa (TDI) akan segera go international dengan motor listrik miliknya dalam waktu dekat. Pasalnya, produsen United E-Motor tersebut baru saja menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahaan asal Malaysia, Artroniq Berhad untuk memperluas jaringan distribusi. 



Tak sekedar jalur distribusi, United E-Motor pun akan segera memiliki pabrik yang beroperasi di negeri jiran tersebut.


Penandatanganan kontrak kerjasama pabrik, perakitan, distribusi dan pelayanan United E-Motor di Malaysia dilaksanakan pada Senin, 11 September 2023 di Hotel Pullman Thamrin, yang dilakukan oleh Henry Mulyadi (Direktur PT TDI) dengan Marcus Chin (Chief Financial Official Artroniq Berhad) dan disaksikan secara langsung oleh Dr. Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan RI), Budihardjo Iduansjah (Chairman ASEAN Tourism, Trade and Economic Council/ATEC sekaligus Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia/HIPPINDO).


Kontrak Kerjasama ini merupakan inisiasi dari Kerjasama antara ATEC dan HIPPINDO sekaligus merupakan realisasi lanjutan dari: 


- Kesepakatan Bersama No.04/PEN/MOU/12/2022, No.01/DPP-MOU/XII/2022 Antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Indonesia dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia tentang Pengembangan Ekspor Melalui Jasa Ritel, dan 


- Perjanjian Kerjasama No.01/PEN.5/PKS/02/2023, No. 10/DPP/PKS/HIPPINDO/II/2023 Antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia tentang Pengembangan Ekspor Melalui Jasa Ritel ke Wilayah Asia.



“Setelah KTT ASEAN yang berlangsung dari tanggal 4-7 September kemarin dan mengikuti jejak Kenangan Coffee dan Sari Ratu maka sekarang United mulai melebarkan sayapnya ke Malaysia melakukan ekspor ritel dan jasa karena selain membuka toko ritel juga membuka pabrik, perakitan, distribusi dan pelayanan produk."


"Hal ini merupakan realisasi dari program Bangga Buatan Indonesia dan Indonesia Brands Go Global, sekaligus menindaklanjuti MoU & PKS HIPPINDO dengan Kementerian Perdagangan,” ungkap Budihardjo Iduansjah, Chairman ATEC dan Ketua Umum HIPPINDO.


Direktur PT TDI, Henry Mulyadi menilai bahwa kerjasama ini sangat baik untuk citra industri motor listrik dalam negeri di mata dunia. 


“Ekspansi United E-Motor ke Malaysia dapat memberi dampak positif bahwa industri kendaraan listrik dalam negeri memiliki potensi yang besar untuk berkembang di mancanegara. Diharapkan produk motor listrik Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan kualitasnya dapat diakui dengan baik,” ungkapnya.


Potensi ritel dan produk lokal Indonesia ke pasar global masih terbuka lebar, pemerintah pun giat mendukung para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi dengan berbagai perjanjian, baik bilateral maupun multilateral. Dengan kerjasama yang telah terjalin, diharapkan produk United E-Motor dapat masuk ke pasar ASEAN melalui pabrik yang ada di Indonesia dan Malaysia.


Budihardjo menambahkan membuka ritel di luar negeri membawa nama negara Indonesia dan produk buatan Indonesia semakin terkenal di kancah dunia, ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan HIPPINDO akan konsisten membawa merek lokal ke mancanegara.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama