Kades Pantai Labu Pekan ‘Ciptakan’ Potensi PAD Demi Kesejahteraan Masyarakat

DELISERDANG, suarapembaharuan.com – Diera modern seorang pemimpin dituntut kreatif dan inovasi, termasuk Kepala Desa (Kades). Sebagai ujung tombak kepala daerah (Kdh), pembangunan yang dilakukan harus menyentuh orang banyak, serta melahirkan pendapatan bagi BUMdes.



Hal ini yang dilakukan Samsul Bahri, Kades Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, dalam bincang-bincang, Senin (30/10/2023).


Tanggungjawab Kades tidak semudah yang dibayangkan. Selain merangkul semua lapisan masyarakat, baik agama, suku, tokoh masyarakat dan pemuda, juga dituntut memperkuat sinergi bersama unsur Forkopincam serta BUMN, BUMD dan pihak swasta yang ada di lingkungan masing-masing. 


“Selain masalah-masalah sosial di tengah masyarakat dalam 24 jam, kita juga dituntut untuk aktif bersinergi bersama lintas sektoral,” kata Samsul Bahri.


Dari sinergitas yang terbangun maka nantinya akan terbangun kreativitas menyusun strategi pembangunan yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat banyak sekaligus menjadi usaha yang dikelola BUMDes. Salah satu contonya pembangunan Gedung Serbaguna, di Dusun III Batang Nibung, Desa Pantai Labu Pekan.



Gedung Serbaguna dibangun secara bertahap menggunakan Bantuan Hibah Perusahaan (BHP) Angkasapura Aviasi dengan total anggaran Rp650 juta. Gedung ini berdiri di lahan aset desa seluas 1500 meter, dengan luas bangunan 20x30 meter. “Bantuan ini dikucurkan atas sinergitas yang kita bangun serta dapat dipertanggungjawabkan pemanfaatan anggarannya,” terang Samsul Bahri.


Memang sambung Samsul Bahri, proyek Gedung Serbaguna digagas mantan Kades, Zulkarnain pada tahun 2022 dengan bantuan pertama senilai Rp171,6 juta untuk pembuatan pondasi, timbunan dan beberapa tiang. Kemudian dilanjutkannya tahap II untuk bantuan susulan senilai kurang lebih Rp272 juta yang dimanfaatkan untuk memperkuat timbunan, tiang-tiang serta pemasangan kerangka baja ringan. 


“Ini kita akan bikin laporan penggunaan anggaran ke Kecamatan, Kadis PMD. Sejalan dengan audit, kita kembali menyusun proposal tahap III sesuai anggaran yang dibutuhkan hingga pembangunan selesai dan bisa dimanfaatkan,” terangnya.


Nantinya, sambung Samsul Bahri, jika pembangunan Gedung Serbaguna rampung, setelah peresmian akan dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat Desa Pantai Labu, kecamatan hingga Kabupaten Deliserdang. Ia dan sejumlah perangkat desa akan menyerahkan pengelolaan Gedung Serbaguna kepada BUMDes.


“Nanti akan dikelola BUMDes, dan tak tertutup kemungkinan akan dikelola secara bisnis yang hasilnya akan menjadi PAD desa dan mempekerjakan beberapa warga sehingga gedung ini benar-benar bermanfaat,” ujar Samsul Bahri.


Oleh karena itu, Samsul Bahri mengajak semua pihak warga Desa Pantai Labu Pekan untuk solid dan kompak serta bergotong royong membangun Pantai Labu Pekan agar lebih maju dan berkembang. 


“Mari bantu saya, berikan masukan-masukan yang positif demi kepentingan masyarakat banyak. Yang tau desa kita adalah kita, bukan orang lain. Dengan begitu maka banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita lahirkan untuk kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya. 


Kategori : News


Editor      : ARS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama