Kisah Manis 25 Tahun Ranch Market Beroperasi Di Indonesia

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ranch Market yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari Tbk tahun ini, merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tahun. Sebuah kisah yang cukup panjang dilalui selama seperempat abad, Ranch Market beroperasi dan secara terus menerus berupaya untuk memperbaiki diri agar menjadi manis di mata para pelanggan setianya.


Foto: Maria Suwarni (Chief Marketing and Merchandising Officer) dari PT Supra Boga Lestari Tbk (kanan)


Pada Kamis (19/10/2023), PT Supra Boga Lestari, Tbk merayakan anniversary peraknya, sebuah perjalanan Ranch Market dalam memberikan layanan berbagai kebutuhan produk berkualitas premium untuk para pelanggan kelas menengah hingga atas. Sebuah komitmen dalam menawarkan berbagai keunggulan dan tanpa henti mengejar inovasi terbaiknya.


Melalui pelayanan prima, Ranch Market secara konsisten memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan. Pelanggan tidak hanya berbelanja, tetapi juga menikmati edukasi tentang produk makanan untuk hidup sehat dan seimbang.


Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer (CMMO) PT Supra Boga Lestari Tbk menyatakan 25 tahun memang bukan waktu yang sebentar. Namun sudah banyak hal dan kisah yang dilakukan dan dibangun Ranch Market untuk menentukan langkah-langkah strategis terbarunya.



“Merayakan ulang tahun ke-25 Ranch Market, kami mengusung tema ‘Fresh & Healthy Tomorrow. Tema ini dirancang untuk menginspirasi pelanggan kami untuk tetap berkomitmen pada gaya hidup seimbang dan pelestarian lingkungan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang sehat dan segar,” katanya saat jumpa pers di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta.  


Di samping gaya hidup sehat yang kini menjadi tren dan sebuah pilihan, Ranch Market juga melirik pada isu ramah lingkungan yang menjadi perhatiannya.


Maka dari itu, Ranch Market mengadakan program Sustaining Our World for a Better Tomorrow, yaitu rangkaian program kepedulian terhadap lingkungan.



"Dimulai dengan disediakannya drop box untuk sampah plastik di beberapa toko kami, dimana hasil limbah yang terkumpul dibuat menjadi Proyek Instalasi Seni Tabur Daur yang berkolaborasi dengan TacTic Art Group, dimana Ranch Market mendaur ulang total 8.000 potong limbah menjadi karya seni yang sekaligus memecahkan rekor MURI dalam perayaan ulang tahun Ranch Market ke 25 tahun ini," ungkap Maria.


Ranch Market bersama TacTic Art Group juga mengadakan workshop dalam kemitraan dengan Sahabat Anak untuk mendidik anak-anak binaan mereka tentang limbah plastik dan memberdayakan mereka untuk menciptakan produk upcycled yang dapat dijual.



Hal ini sejalan dengan spirit PT Supra Boga Lestari, Tbk yang selalu berfokus pada pendidikan anak, keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan.


Acara perayaan ulang tahun Ranch Market ke-25 tahun sendiri dilaksanakan bertepatan dengan hari lahir Ranch Market 19 Oktober 2023, Acara diadakan di The Tribrata Darmawangsa.


Acara apresiasi ini ditujukan kepada para suplier dan partner, karena berkat bantuan dan support mereka yang tak kunjung hentilah maka Ranch Market dapat beroperasi sampai dengan usia ke-25 tahun.



Di perayaan tahun ini juga, Ranch Market memberikan penghargaan tertinggi untuk para supplier-nya. Ranch Recognition Award 2023 untuk 4 partner terpilih dan Ranch Customer Choice Award 2023 untuk 1 brand terfavorit pilihan customer setia Ranch Market.


Dalam rangka perayaan ulang tahunnya tersebut, Ranch Market tidak lupa untuk menghadirkan berbagai promo menarik bagi masyarakat umum maupun member setia, antara lain diskon 20 persen Biscuits Vaganza, harga spesial beberapa produk tertentu, diskon 10 persen menggunakan kartu debit dan kartu kredit BRI hingga Desember 2023, voucher Rp50.000 untuk pembelanjaan dengan kartu kredit Permata hingga 31 Desember 2023, dan juga cashback 25 persen.


Segmentasi Pasar 


Sejak meluncurkan Ranch Market perdana pada 1998, PT Supra Boga Lestari Tbk. terus tumbuh besar dengan menghadirkan merek-merek baru. Pada 2007, PT Supra Boga Lestari Tbk. membuka Farmers Market, kemudian mendapatkan sertifikasi ISO 22000 pada 2009, masuk ke bursa saham pada 2012, meluncurkan platform online pada 2016, meluncurkan brand The Gourmet dan Day2Day pada 2019, serta menjadi bagian dari Blibli pada 2021.


Kini, PT Supra Boga Lestari Tbk. telah memiliki 20 outlet Ranch Market, 41 outlet Farmers Market, 2 outlet The Gourmet, 2 outlet Day2Day, dan 1 outlet Pasarina. Semuanya tersebar di kota-kota besar di Indonesia.


PT Supra Boga Lestari Tbk. merupakan pionir supermarket yang menjual produk organik, natural, dan sehat. Bahkan, PT Supra Boga Lestari Tbk. merupakan satu-satunya perusahaan yang telah menerapkan Food Safety Management System (HACCP) dan ISO 22000.


Uniknya, PT Supra Boga Lestari Tbk. sebagai induk perusahaan telah melakukan pemetaan pasar yang sangat detail untuk setiap brand. Ranch Market ditujukan kepada kelas menengah ke atas dengan menyediakan produk-produk berkualitas premium dan cocok dengan gaya hidup sehat.



Sementara itu, Farmers Market diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga Indonesia kelas menengah dengan pilihan produk yang luas dan beragam, mulai dari buah-buahan, daging, susu, makanan beku, hingga peralatan memasak.


“Karenanya lokasi Farmers Market berada di dekat-dekat perumahan atau di apartemen. Tujuannya agar lebih mudah dijangkau oleh para keluarga Indonesia,” ujar Maria Suwarni.


Kemudian, The Gourmet menyasar segmen anak muda dan kelas menengah ke atas yang gemar mencari produk-produk segar, organik, gluten free, dan produk menyehatkan lainnya. Menariknya, The Gourmet juga menghadirkan restoran di dalamnya sehingga para pengunjung bisa belanja sekaligus bersantap.


Day2Day hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat yang berada di area perumahan dan apartemen. Dengan ukuran toko yang hanya sekitar 100-400 m2, Day2Day sangat cocok bagi generasi muda dan juga para pekerja yang mencari kebutuhan sehari-hari.


Mengusung konsep tradisional bertemu modern, Pasarina yang dibuka pada tahun 2022 merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Perdagangan dalam mengkurasi dan menghadirkan produk-produk lokal, seperti cokelat dari NTT, berbagai kopi nusantara, dan produk herbal. Lokasinya pun strategis di pusat perbelanjaan Sarinah.


PT Supra Boga Lestari, Tbk sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan ritel modern dan berdiri tahun 1997 dan mengawali debutnya dengan brand Ranch Market pada 1998. Melalui inovasi dan ekspansi, PT Supra Boga Lestari, Tbk kemudian berevolusi dengan beberapa brand baru, seperti Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Pasarina by Ranch Market, dan Day2Day by Farmers Market.


Kategori : News


Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama