KPU Pastikan Tak Ikut Campur Susun Pertanyaan untuk Debat Pilpres

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz memastikan lembaganya tidak ikut campur dalam penyusunan daftar pertanyaan untuk debat Pilpres 2024.


Ist

Penyusunan daftar pertanyaan debat hanya dirumuskan oleh panelis yang ditunjuk KPU.


"Kalau pembuatan pertanyaannya murni di para ahli (panelis), kalau KPU kan sebenarnya memfasilitasi apa namanya kebutuhan debat ini. Dengan topik tertentu itu harus diserahkan ke pihak-pihak yang punya kualifikasi," ujar Komisioner Mellaz dalam keterangan persnya, Senin (11/12/23).


Debat pertama Pilpres 2024 akan digelar di Kantor KPU Jakarta pada Selasa (12/12/2023). Komisioner Mellaz menjamin, 11 panelis yang ditetapkan KPU merupakan sosok yang kompeten di bidangnya.


Adapun tema debat pertama ini adalah isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi. Hingga, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.


Lebih lanjut, ia menegaskan, pertanyaan yang telah disusun oleh para panelis, masih dalam tersegel ketika diberikan kepada moderator.


"Ada mekanismenya nanti pertanyaan itu akan disegel, terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke paslon. Pasti akan bentuk undian semacam itu, jadi kita enggak pernah tahu pertanyaannya apa," ujar Komisioner Mellaz.


"Itu lah kemudian panelis itu juga menandatangani pakta integritas. Di sana untuk tidak membocorkan, untuk menjaga pertanyaan itu," tambah Komisioner Mellaz.


Kategori : News


Editor      : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama