Turnamen Catur Japfa Year End 2023 Diharapkan Lahir Atlet Berprestasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap dan mendorong turnamen Catur Japfa Year End 2023 mencetak atlet-atlet berprestasi untuk membesarkan nama bangsa Indonesia.



Sebanyak 401 pecatur meramaikan ajang Japfa Year End Chess Tournament 2023 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Sabtu (16/12/2023). Pecatur yang mengikuti turnamen ini dari kalangan junior, hingga senior dan mereka berasal dari 18 provinsi di Indonesia.


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo senang dengan penyelenggaraan turnamen ini. Ia pun memuji komitmen dari PB Percasi dan PT Japfa yang terus menggelorakan olahraga catur.


"Saya mengapresiasi komitmen Ketua Umum PB Percasi, Grand Master Utut Adianto, dan juga Japfa yang konsisten mendukung olahraga catur. Saya sangat senang ketika olahraga catur dimasifkan ke generasi muda," katanya saat membuka turnamen catur.



Diakui ajang ini sangat baik yang tujuan utamanya adalah  meningkatkan prestasi olahraga Indonesia khususnya di cabor catur. Di turnamen ini ia melihat banyak sekali para pesertanya  dari mulai senior, junior, U-12 dan yang paling muda U-10.


Ketua Umum PB Percasi, Grand Master (GM) Utut Adianto menaruh harapan besar dengan diselenggarakannya turnamen tersebut. Turnamen ini  terbagi 5 kategori yang terdiri dari katagori Open yang diikuti sekitar 226 pemain. 


"Saya harap para pecatur tidak hanya bertanding, tapi juga meningkatkan kemampuan teknis," ujar Utut.



Kategori putra kelompok U-12 yang dikuti sekitar 79 pemain dan U-16  sebanyak 46 pemain. Kategori putri kelompok U-12 diikuti sekitar 21 pemain dan kelompok U-16 diikuti sekitar 19 pemain. 


Vice President Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia, Artsanti Alif mengungkapkan komitmennya dalam olahraga catur. Ia menegaskan, pembinaan para pecatur muda potensial juga menjadi perhatian PT Japfa.


"Program Japfa for Kids ini sudah berlangsung lebih dari 25 provinsi sejak tahun 2018. Pada tahun 2023 ini kami sudah menjaring lebih dari 400 pecatur untuk mendapat pembinaan lebih lanjut," ucap Artsanti.


Japfa Year End Chess Tournament berlangsung 16-17 Desember 2023, diikuti 401 pecatur, untuk lima kategori. Berlangsung pula dwitarung catur cepat Women GM enam babak, antara Medina Warda Aulia dan Dewi Ardhiani Anastasia Citra.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama