Gibran Dinilai Lecehkan Forum Debat dan Intelektualitas di Debat Keempat Pilpres 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sastrawan Okky Madasari mengkritik keras penampilan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam forum debat keempat Pilpres 2024. Menurut Okky, apa yang dilakukan Gibran bukan sekedar masalah sopan santun, tetapi Gibran tekan melecehkan forum debat dan merendahkan intelektualitas.



Hal ini disampaikan Okky dalam diskusi bertajuk 'Analisa Debat Cawapres Ke 4: Dari Etika Sampai Food Estate' di Café Sadjoe, Jakarta, Rabu (24/1/2024).


"Ketika kemarin kita melihat apa yang terjadi di debat itu tidak hanya perkara sopan santun, bahwa anak muda harus lebih hormat kepada yang lebih tua, tetapi lebih dari itu, yang dilakukan oleh Gibran ini sedang melecehkan forum publik, sebuah forum yang didesain untuk menjadi kesempatan kita untuk menggali gagasan-gagasan dari calon pemimpin kita," ujar Okky.


Menurut Okky, aksi Gibran pada saat debat memunculkan anggapan publik bahwa debat yang diselenggarakan KPU tidak penting dan menjadi ajang lelucon. Dia menilai anggapan tersebut wajar karena debat kemarin tidak lagi menjadi ruang untuk mengadu gagasan. 



"Sikap Gibran itu merendahkan forum debat dan sekaligus merendahkan intelektualitas, serta menghina proses adu gagasan. Jadi gara-gara ada gimmick yang tidak perlu, forum ini diperlakukan tidak dengan seharusnya, kita jadi tidak bisa mendapatkan hal terbaik yang semestinya kita dapatkan di debat ini," tegas Okky.


Okky juga mengatakan persoalan etika juga telah menjadi sorotan dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center atau JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (21/1/2024). Padahal, kata dia, etika merupakan value, nilai, filosofi, prinsip yang harus dipegang sebagai bagian dari masyarakat. 


"Dalam hal ini ketika kita bicara tentang etika, itu sudah dimulai sejak awal ketika kita bicara kasus putusan MK, itu persoalan etika karena sudah jelas-jelas putusan MK itu melanggar berat etik. Sudah ada persoalan etika di situ," pungkas Okky.



Diketahui, debat keempat Pilpres 2024 mempertemukan Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Debat cawapres ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024), Pukul 19.00 WIB. Tema debat adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, Sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.


Debat cawapres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga cawapres peserta Pilpres 2024.


Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan menjadi peserta pertama yang akan memaparkan visi dan misi saat debat keempat tersebut. Muhaimin akan ditempatkan di posisi tengah, antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama