Ini Tren Perjalanan Wisatawan Milenial dan Gen Z

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Riset Travel Pulse terbaru dari Klook mencatat bahwa 3 dari 5 wisatawan akan berbelanja secara royal pada liburan. Juga mendedikasikan hingga setengah budget mereka untuk pengalaman dan aktivitas meskipun biaya meningkat akibat inflasi global.



Pada tahun 2024, wisatawan milenial dan gen Z di Asia Pasifik (APAC) mendeklarasikan pengalaman bersama melalui liburan sebagai bahasa cinta baru mereka, dengan hampir setiap (9 dari 10) wisatawan berniat untuk melakukan liburan bersama orang yang mereka cintai. 


Bagi generasi milenial dan gen Z, traveling lebih dari sekadar liburan. Itu adalah wadah utama untuk membangun koneksi dan menciptakan kenangan bersama yang memperkuat ikatan.


COO dan Co-Founder Klook Eric Gnock Fah menyatakan, tren liburan itu mencerminkan dunia pasca pandemi. Isolasi akibat pandemi dan peningkatan digitalisasi kehidupan telah membuat orang mendambakan koneksi.


”Kami mengamati adanya perubahan transformatif dalam dinamika liburan. Bukan lagi sekadar sebuah liburan, ini adalah perwujudan bahasa cinta baru pengalaman bersama. Liburan telah menjadi sarana penting yang menawarkan individu kesempatan untuk terhubung secara tulus dengan diri mereka sendiri, orang yang mereka cintai, dan dunia di sekitar mereka,” ungkap Eric Gnock Fah.


Menurut dia, wisatawan memprioritaskan pengalaman dibandingkan pengeluaran. Generasi milenial dan gen Z akan meningkatkan anggaran liburan pada 2024. Mereka bersedia mengeluarkan hingga 50 persen atau lebih untuk liburan mereka.



”Fokus wisatawan tetap tertuju pada pengalaman yang menjanjikan hubungan bermakna dengan rekan mereka. Mereka memesan aktivitas sebelum mengambil penerbangan,” terang Eric Gnock Fah.


Dia memaparkan, pada 2024, generasi milenial dan gen Z di seluruh Asia Pasifik akan melepaskan diri dari kebiasaan pandemi berupa me-time. Juga rutinitas perawatan diri yang menyendiri.


”Mereka akan secara aktif memilih untuk kembali ke jalur yang benar untuk terhubung dan menemukan hal-hal bersama orang-orang yang mereka cintai,” tutur Eric Gnock Fah.


Wisatawan milenial dan gen Z, lanjut dia, memilih petualangan bersama melalui liburan yang lebih sering dan singkat dibandingkan liburan panjang. Hal itu untuk lebih memaksimalkan jumlah kenangan yang bisa diciptakan.


”Destinasi teratas yang masuk dalam daftar keinginan mereka adalah Jepang, Korea Selatan dan Thailand untuk wisatawan di seluruh dunia, dan Jepang, Indonesia (liburan dalam negeri), dan Singapura untuk wisatawan Indonesia,” papar Eric Gnock Fah.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama