Jasa Marga Catat Peningkatan Volume Kendaraan saat Arus Balik Libur Panjang Nataru 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mendata terjadi peningkatan volume lalu lintas arus balik libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Kenaikan volume kendaraan ini tercatat di gerbang tol sekitar Jabodetabek dan Jawa Barat.


Foto: Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat peningkatan volume lalu lintas arus balik libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 1-3 Januari 2024.

“Terhitung, periode 1-3 Januari 2024, terjadi peningkatan volume lalu lintas di sekitar tol Jabotabek dan Jawa Barat,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya, Kamis (4/1/2024).


Volume lalu lintas di lingkup Jabodetabek terdata sebanyak 321.539 kendaraan, dengan rincian volume kendaraan yang melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikunir 4 dan 6 Tol JORR Seksi E sebanyak 126.868 kendaraan. Sedangkan, kendaraan yang melintas melalui GT Halim Tol Cawang-Tomang-Pluit mencapai 194.671 kendaraan.


“Total sebanyak 321.539 kendaraan atau meningkat 12,49 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal yaitu 285.840 kendaraan,” ungkapnya. 


Sementara itu, di wilayah Jawa Barat total sebanyak 200.617 kendaraan atau meningkat 18,61 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal. Dengan rincian, sebanyak 103.764 kendaraan menuju Bandung/Jakarta meninggalkan wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Lalu, volume lalu lintas transaksi GT Pasteur (masuk) meninggalkan Kota Bandung tercatat 96.853 kendaraan.


Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan. 


Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, 1 e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama