BPBD Kota Bekasi dan BNPB Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana

BEKASI, suarapembaharuan.com – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Bekasi mendukung upaya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membentuk tim siaga bencana yang melibatkan komunitas masyarakat. 


Foto: Pembentukan tim Kelurahan Tangguh Bencana di Kelurahan Bekasijaya, Kecamatan Bekasi Timur, awal pekan ini.


Tim siaga bencana berbasis komunitas tersebut ditempatkan di tingkat kelurahan dengan nama Kelurahan Tangguh Bencana. Nantinya, akan ada tujuh Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Bekasi.


“Pembentukan ini bertujuan membentuk masyarakat yang tangguh bencana di setiap kelurahan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Enung Nurholis, Jumat (23/2/2024).


Dia menambahkan, kegiatan untuk mencegah terjadinya bencana alam bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun juga menjadi tugas masyarakat untuk melakukan pencegahan dan mitigasi di lingkungan tempat tinggalnya.


Dari tujuh Kelurahan Tangguh Bencana, baru dua kelurahan yang terbentuk yakni Jatirasa dan Bekasijaya. Lima kelurahan lainnya, akan menyusul dalam waktu singkat.


Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana ini akan menambah energi baru, setelah sebelumnya dibentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Bekasi. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama