Lomba TPS Unik, Mampu Tingkatkan Antusias Partisipasi Pemilih di Bekasi

BEKASI, suarapembaharuan.com – Lomba tempat pemungutan suara (TPS) unik yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mampu meningkatkan antusias partisipasi pemilih di wilayah perkotaan dan pedesaan. 


Foto: Dani Ramdan memberikan hadiah kepada petugas KPPS pemenang lomba di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat pada Senin (19/2/2024).

Juara 1 Lomba TPS Unik diraih petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 24 di Perumahan Deltamas Cluster Nice, Kecamatan Cikarang Pusat. Di TPS kategori perkotaan ini, tingkat partisipasi pemilih lebih dari 80 persen meskipun diguyur hujan sejak pencoblosan pagi hari. 


Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menjelaskan TPS yang menang lomba berdasarkan kriteria keunikan dekorasi dan partisipasi pemilihnya.


“Kita melihat TPS dari sarana-prasarana, bangunan, kostum petugas, ketentraman serta kebersihan. Kemudian, yang penting tingkat partisipasinya,” kata Dani Ramdan, Senin (19/2/2024).


Dekorasi TPS 24 bernuansa kebhinekaan dengan petugas KPPS mengenakan busana adat Indonesia.  


Kabupaten Bekasi terdapat 8.417 TPS yang tersebar di 23 kecamatan. Pemkab Bekasi mengambil enam kecamatan yang menjadi pemenang lomba berdasarkan kategori perkotaan dan pedesaan. Juara 1 mendapat uang senilai Rp 10 juta dan Juara 2 Rp 7,5 juta serta Juara 3 Rp 5 juta. (MAN)


Pemenang TPS Kategori Perkotaan:

Juara 1: Cikarang Pusat

Juara 2: Kecamatan Tambun Selatan

Juara 3: Kecamatan Cibitung


Pemenang TPS Kategori Pedesaan:

Juara 1: Kecamatan Bojongmangu

Juara 2: Kecamatan Sukatani

Juara 3: Kecamatan Setu


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama