Bantuan Rumah Pengering Ikan dari PHE OSED untuk Produktivitas Hasil Ikan di Pulau Sabira

PULAU SABIRA, suarapembaharuan.com – PHE OSES bersama masyarakat Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, lakukan serah terima bantuan rumah pengering ikan pada Kamis (29/02/2024). Turut hadir Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari selaku Plt. Kasudin serta Elis Rora Kasie selaku Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan.



Proses pembangunan rumah pengering ikan ini sendiri telah dirampungkan pada Januari 2024 lalu. Dipimpin oleh Ketua RW Pulau Sabira, saat ini masyarakat sedang melakukan proses percobaan untuk mendapatkan formula dan standart operasional pengeringan ikan dan kerupuk. Biasanya untuk pengeringan ikan membutuhkan waktu 2 hari, namun dengan adanya alat ini diharapkan dapat menghemat waktu sampai hanya 6 jam saja.

 

Teknologi rumah pengering ikan mengadopsi cara yang digunakan mitra binaan Pertamina lainnya di wilayah Subang. Rumah pengering bekerja dengan cara menyerap panas matahari dan menyalurkannya sehingga panas didalam ruangan cukup stabil dan dapat mencapai angka 55 derajat celcius bahkan di malam hari. Dengan memanfaatkan rumah pengering ikan, proses pengeringan serta hasil produk diharapkan akan menjadi lebih baik.


Plt. Kasudin KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari, menyampaikan apresiasinya terhadap PHE OSES yang terus menaruh perhatian terhadap para nelayan. “Rumah pengering ini tentu bisa meningkatkan kualitas pengeringan. Selain cepat dan efektif, hasil pengeringan juga akan lebih higienis karena terhindar dari jamur dan kotoran” tambahnya.



Indra Darmawan selaku Head of Communication, Relation & CID PHE OSES menyampaikan bahwa Perusahaan berupaya mendukung kegiatan warga di sekitar wilayah operasinya, salah satunya adalah melalui pembangunan rumah pengering ikan yang merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat PHE OSES bertajuk “Pendekar Sabira”.


Program ini juga sejalan dengan poin Sustainable Development Goals (SDG’s) nomor 1 yaitu pengentasan kemiskinan dan poin 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. 


Infirmasi Umum


PT PHE OSES merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tergabung dalam Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PHE ONWJ, dan Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja PHE OSES terletak di provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama