Pemkab Bekasi Normalisasi Sungai Antisipasi Banjir dan Perlancar Irigasi

BEKASI, suarapembaharuan.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menormalisasi sungai untuk antisipasi banjir saat musim hujan mendatang. Selain itu, normalisasi sungai dilakukan untuk memperlancar aliran irigasi di persawahan. 


Foto: Ilustrasi normalisasi sungai. (SP)

“Normalisasi dilakukan untuk mengurangi dampak banjir dan memperlancar debit air irigasi persawahan,” ujar Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Kamis (25/4/2024).


Kali ini, ada tiga sungai yang telah normalisasi antara lain Kali Ulu, Kali Rasmi dan Kali Pisang Batu dengan total panjang 12,8 kilometer.


Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, menambahkan pelaksanaan normalisasi sungai dilakukan sejak 20 Maret hingga 17 Juli 2024 mendatang. 


Dengan rincian, Kali Ulu sepanjang 4,8 kilometer; Kali Pisang Batu sepanjang 4,5 kilometer dan Kali Rasmi sepanjang 3,5 kilometer. 


“Ketiga aliran kali tersebut menuju ke Kali Ciherang,” imbuhnya.


Selanjutnya, kata dia, Pemkab Bekasi akan menjadwalkan tahap berikutnya, menormalisasi Kali Cilemahabang yang alirannya juga menuju ke Kali Ciherang. (MAN)


Kategori : News


Editor       : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama