"Energi Talk" Jadi Langkah Tingkatkan Transisi Energi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Transisi energi menjadi fokus penting bagi seluruh stakeholder pada bidangnya khususnya ketenagalistrikan dunia, termasuk kawasan Asia Pasifik. 



Penyelenggaraan "Asia Pasific Energy Talk: Indonesia Edition" yang digelar di Jakarta pada Selasa (30/4/2024) sebagai upaya memberikan peningkatan awarness terhadap isu transisi energi kepada seluruh pesertanya. Kegiatan Energy Talk di Indonesia terselenggara berkat kerja sama Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan Siemens Energy Indonesia. 


"Kegiatan semacam ini menjadi sarana publikasi, sehingga dapat memberikan pemahaman lebih baik terhadap transisi energi, terutama isu yang menjadi fokus dari pemerintah” kata Ketua Umum MKI, Evy Haryadi. 


Dijelaskan, MKI sebagai organisasi yang didalamnya terdapat para stakeholders energi terus membantu untuk mencari solusi bersama, dan selanjutnya men-trigger solusi-solusi tersebut agar dapat mempercepat transisi energi. 


"Oleh karenanya kami berupaya menjadi kolaborator dalam kegiatan-kegiatan serupa sebagai wujud dedikasi MKI bagi bangsa Indonesia,” ucap dia. 


Haryadi menuturkan dalam bahasa sederhananya transisi energi adalah cara mengurangi emisi dengan mengupayakan penggantian resources melalui bahan yang dapat membuat emisi menurun atau hilang sama sekali.



"Transisi energi tidak bisa dilakukan secara mendadak. Oleh karenanya perlu dibuatkan kita roadmap yang ketika itu dilakukan tentu akan ada dampak. Nah, dampak inilah yang perlu dilakukan pengukuran, dilakukan mitigasinya, seperti apa dampak-dampaknya, dan berapa cepat kita mencapai transisi energi itu,” ungkap Evy.


MKI sebagai organisasi ketenagalistrikan memiliki peran dan kontribusi aktif pada proses transisi energi. Para anggota MKI baik perusahaan ataupun perorangan memiliki kapabilitas mumpuni dalam membantu mengkonstruksikan solusi terhadap isu di sektor ketenagalistrikan sehingga banyak rekomendasinya yang dijadikan masukan bagi para pembuat kebijakan. 


Managing Director Siemens Energy Indonesia, Andilo Harahap menyebut  pihaknya juga fokus dalam penyusunan roadmap transisi energi dan berupaya bersama MKI adanya kolaborasi untuk mendukung pergerakan dari transisi energi di Indonesia.


Diakui, pada prinsipnya semua pihak sadar bahwa dalam transisi energi tidak bisa dilakukan sendiri. Oleh karenanya di sesi kedua Asia Pasific Energi Talk yang diadakan di  Indonesia keduanya berkumpul dengan para stakeholders ketenagalistrikan. Indonesia dipilih karena memiliki peran krusial baik di forum ini maupun di area regional. 


"Kami membangun kerja sama dengan MKI yang memiliki track record apik di bidang ini sehingga hasil kerja sama yang dilakukan dapat tepat sasaran dan tepat guna. Dalam artian, karena perjalanan dekarbonisasi ini panjang maka dibutuhkan optimalisasi peran dari seluruh stakeholder. Dan sinergi serta kolaborasi dengan MKI terus dilanjutkan untuk penciptaan ekosistem ketenagalistrikan yang sustainable dan berkelanjutan secara bertahap," pungkas Andilo Harahap.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama