Selama Punya Kompetensi dan Integritas, Benny Siregar Layak Jadi Plh Sekda Medan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Tokoh masyarakat Sumatera Utara yang juga dikenal sebagai sesepuh birokrat, Dr RE Nainggolan, MM menegaskan pengangkatan Benny Sinomba Siregar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Medan tidak perlu dipermasalahkan dan kemudian menjadi kontroversi yang membuat kegaduhan.


Dr RE Nainggolan, MM

“Pertimbangan pengangkatan pejabat itu basisnya penilaian objektif dan proses yang sesuai dengan aturan. Artinya, selama seseorang itu punya kompetensi, kredibilitas, integritas, dan tanggung jawab, serta memenuhi syarat sesuai UU dan aturan yang berlaku, dia bisa diberi sebuah jabatan,” ujarnya di Medan, Rabu (1/5/2024) ketika dimintai tanggapan oleh awak media.


RE yang pernah menjadi Sekdaprovsu dan Bupati Tapanuli Utara itu mengatakan tidak semua hal lantas harus dikait-kaitkan dengan hubungan keluarga dan yang lainnya. “Apakah jika Anda kebetulan punya hubungan keluarga dengan seseorang di posisi puncak, serta merta karier Anda harus mandek? Sebaliknya, tidak boleh juga karier seseorang menjadi melesat semata karena hubungan keluarga atau kedekatan lainnya. Artinya, semua harus dilihat dari parameter objektif tadi,” paparnya.


Pada bagian lain, RE melihat secara objektif Benny Siregar layak dan sudah memenuhi syarat. Prosesnya juga sesuai dengan aturan dan dengan demikian semestinya tidak ada lagi yang harus menjadi persoalan.


“Saya justru yakin, adanya hubungan itu menjadi semacam alarm ekstra agar Pak Benny, termasuk Pak Bobby sendiri bekerja maksimal karena kinerja mereka bisa memengaruhi persepsi yang jauh lebih besar,” katanya.


Sosok yang dikenal sukses sebagai Sekwilda Dairi 1996–1999 itu memaklumi saat ini semua informasi beredar dengan cepat walaupun sering kali cuma sepotong-sepotong dan cenderung lebih menonjolkan sensasi dan desas-desus. 


“Dalam kaitan itu menjadi penting bagi kita untuk tetap melihat semua persoalan dengan jernih dan objektif. Kembalikan kepada aturan main, undang-undang yang berlaku. Itu pagar yang menjaga kehidupan bernegara dan jalannya pemerintahan kita di semua tingkatan,” katanya.


*Mengisi Posisi Lowong*


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution menunjuk Benny Sinomba Siregar menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Medan. 


Menurut Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kota Medan Arrahmaan Pane, Benny Sinomba Siregar ditunjuk menjadi Plh Sekda Kota Medan sejak 24 April 2024.


"Menjabat sebagai Plh Sekda Medan mulai tanggal 24 April 2024," jelasnya.


Benny sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan. Kemudian Benny mengisi jabatan Plh Sekda Kota Medan yang lowong karena Wiriya Alrahman yang dilantik menjadi Pj Bupati Deli Serdang.


Benny Sinomba juga sempat menduduki jabatan strategis lainnya seperti Kepala Bidang Hotel, Restoran dan Hiburan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Medan hingga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama