FBJ Deklarasikan Dukungan Anies Maju Pilkada Jakarta

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Forum Bersama Jakarta (FBJ) mendeklarasikan dukungan sekaligus meminta kesediaan Anies Baswedan untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.



Ketua Umum FBJ, Budi Siswanto mengatakan, Anies Baswedan masih memiliki kapabilitas dan modal kuat untuk memimpin Daerah Khusus Jakarta (DKJ) setelah disahkannya Undang Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Ibu Kota Negara.


"Pak Anies setidaknya punya modal dukungan suara mencapai 41 persen di Jakarta dalam Pilpres kemarin. Kami dan tentu banyak warga Jakarta sangat berharap Pak Anies kembali menjadi DKI 1," ujarnya, Senin (27/5).



Budi menjelaskan, FBJ yang dibentuk tahun 2006 yang ketika itu bernama Fauzi Bowo Center secara konsisten telah mendukung Anies memenangkan Pilkada Jakarta mengalahkan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) di tahun 2017.


"Termasuk saat Pilpres kemarin, kami juga mendukung dan bekerja untuk memenangkan Anies di Jabodetabek," terangnya.


Menurutnya, selama kepemimpinan Anies pada periode 2017-2022, Jakarta banyak mengalami kemajuan. Termasuk, pembangunan dan integrasi moda transportasi massal yang berlangsung secara masif.


"Tidak kalah penting, Anies menjadi sosok pemimpin yang plural di tengah heterogenitas Jakarta. Mengimplementasikan Bhinneka Tunggal Ika di Jakarta," terangnya.



Ia menambahkan, Anies juga menunjukkan keberpihakan kepada kaum marjinal, menghadirkan rasa keadilan bagi semua warga Jakarta.


"Semua bisa merasakan kehadiran pemerintah. Tidak terkecuali warga miskin. Alih-alih digusur mereka justru diberikan tempat tinggal yang layak dan kondusif untuk tumbuh kembang anak-anaknya," ungkapnya.


Budi menegaskan, untuk sosok pendamping Anies sebagai wakil gubernur diharapkan merupakan figur yang mampu meningkatkan elektoral.


"Wagub ini bisa dari kader partai pengusung atau berasal dari non-partai yang disepakati bersama. Terpenting, harus bisa meningkatkan elektoral dan punya rekam jejak baik," bebernya.


Ia memberikan catatan, sosok pendamping Anies harus bisa memberikan dulangan suara terutama di wilayah Jakarta Utara, khususnya Kecamatan Kelapa Gading dan Penjaringan. Kemudian, di wilayah Jakarta Barat.



"Berdasarkan basis data yang kita miliki, Pak Anies sudah pasti kuat di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Untuk itu, kami berharap pendamping Anies bisa melengkapi perolehan suara maksimal di Jakarta Utara dan Jakarta Barat," ucapnya.


Sementara itu, Wakil Ketua FBJ, Adjie Rimbawan menambahkan, saat ini popularitas Anies masih sangat tinggi dengan tingkat keterpilihan jika Pilkada serentak diadakan saat ini mencapai 39,8 persen.


"Pak Anies mengungguli Ahok dengan 17 persen dan Ridwan Kamil sebesar 15 persen. Sedangkan, sejumlah tokoh lain, termasuk Sandiaga Uno, semuanya di bawah lima persen," paparnya.


Ia menuturkan, suara grass root di Jakarta juga selaras dengan FBJ yang banyak menginginkan Anies melanjutkan kepemimpinan dan membawa perubahan untuk kebaikan di Jakarta.


"Jadi memang sosok Anies menjadi magnet yang sangat menarik. Untuk itu, FBJ akan memohon kesediaan Pak Anies untuk maju Pilkada," pungkasnya. (Riyan)


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama