Pemkot Bekasi Mulai Kaji Pembangunan MRT Jakarta Koridor Barat-Timur

BEKASI, suarapembaharuan.com – Pembangunan transportasi massal, mass rapid transit (MRT) Jakarta, koridor barat-timur akan melintas di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. 



Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tengah mengkaji mulai dari perencanaan tata ruang, pengadaan tanah untuk pembangunan stasiun maupun jalur MRT serta perencanaan jangka menengah dan jangka panjangnya.


MRT koridor timur-barat akan melintas di tiga provinsi yakni Banten, Jakarta dan Jawa Barat. total lintasan mencapai 84,1 kilometer (km) dari Balaraja-Kabupaten Tangerang, Jakarta hingga Cikarang-Kabupaten Bekasi.


“Saat ini, MRT dilaksanakan  fase 1 tahap 1 dari Tomang ke Medansatria, Kota Bekasi,” ujar Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad, kepada wartawan, Selasa (14/5/2024). 


Proyek MRT Jakarta koridor barat-timur digadang-gadang akan mengurai kemacetan yang terjadi di Bekasi, Jakarta dan Tangerang serta mempermudah pergerakan orang di ketiga wilayah tersebut.


Lintasan MRT di Kota Bekasi mulai dari Kanal Banjir Timur (KBT) sampai Jalan Pejuang (Stasiun Medansatria).


Gani menambahkan, organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bekasi yang terlibat pembangunan MRT Bekasi-Jakarta-Balaraja antara lain, Dinas Tata Ruang (Distaru) berkaitan dengan perencanaan ruang, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) berkaitan dengan pengadaan tanah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelibangda) terkait perencanaan pembangunan jangka menengah dan panjang, serta Dinas Perhubungan (Dishub) berkaitan dengan jalur MRT.


Berdasarkan data yang dihimpun, pembangunan MRT Bekasi-Jakarta-Balaraja mulai dibangun pada 2024 ini, yang dibagi dalam dua fase yakni fase pembangunan lintasan di dalam wilayah Jakarta dan fase pembangunan lintasan di luar Jakarta.


Di wilayah  Bekasi akan dibangun lintasan MRT dengan delapan stasiun, mulai dari Cikarang, Kabupaten Bekasi hingga Medansatria, Kota Bekasi.


Sementara itu, wilayah Jakarta akan dibangun Stasiun MRT di Ujung Menteng hingga Stasiun Kembangan. Sedangkan, lintasan MRT di wilayah Balaraja mulai dari Stasiun Karangtengah hingga Stasiun Balaraja. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS



Foto: Ilustrasi transportasi massal. (Ist)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama