Kasus Aktif Covid-19 Turun Signifikan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Penanganan pandemi Covid-19 mulai membawa perubahan yang lebih positif. Kasus aktif dari penyebaran virus corona ini pun mengalami penurunan.




Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengatakan, tren kasus aktif menurun secara signifikan, yaitu minus 17,27 % selama sepekan.



"Hasil positif secara nasional ini tidak terlepas dari penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro," ujar Airlangga Hartarto dalam temu pers secara virtual, Sabtu (20/2/2021).



PPKM mikro diperpanjang selama dua minggu nanti, dilaksanakan pada tingkat RT/RW di desa maupun kelurahan yang ada di 123 kabupaten/kota. Dalam teknisnya, PPKM mikro ditetapkan oleh gubernur di wilayah yang diprioritaskan.



Kasis aktif Covid-19 yang mengalami penurunan itu meliputi DKI Jakarya, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Tingkat okupansi bed menurun 70%. Angka kesembuhan meningkat.



"Untuk fatality rate (tingkat kematian juga mengalami penurunan di DKI, Jabar, Bali. Begitu juga dengan kepatuhan masyarakat mulai mengalami peningkatan pada angka 87,64% hingga 88,73%.



Senada dengan Airlangga Hartarto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, tren penurunam terjadi dalam sebulan terakhir. Penurunan terjadi setelah diberlakukannya PPKM mikro.



"Kita optimistis, seiring dengan perpanjangan PPKM mikro selama dua pekan ke depan, diharapkan akan menunjukkan hasil yang lebih positif lagi. Tentunya ini membutuhkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama