Pesan untuk Kabareskrim Baru, Kapolri : Hukum Jangan Tumpul ke Atas dan Tajam ke Bawah

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Komjen Agus Andrianto menjadi Kabareskrim. Kapolri berharap Kabareskrim yang baru melakukan penegakan hukum yang berkeadilan untuk menepis stigma hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

 

Istimewa


"Bapak Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," ujar Kapolri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

 

Kapolri juga berharap kepada Agus untuk mengedepankan upaya restorative justice terhadap beberapa kasus yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 

Jenderal Listyo juga menekankan tetap bertindak tegas dan menegakkan hukum secara kuat terhadap masalah yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat serta berpotensi menimbulkan konflik horizontal. "Sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan," katanya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Listyo Sigit juga melantik beberapa pejabat tinggi Polri. Pelantikan dilakukan berdasar surat telegram resmi Nomor STR/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

 

Adapun beberapa perwira tinggi yang dilantik, yakni ; Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kabaharkam Polri, Komjen Rycko Amelza sebagai Kalemdiklat Polri, dan Komjen Paulus Waterpauw sebagai Kabaintelkam. Selanjutnya, Irjen Martuani Sormin sebagai Koorsahli Polri dan Irjen Syahardiantono sebagai Wakabareskrim Polri.

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama