Satgas Covid-19: Masyarakat Sebaiknya Gunakan Masker Medis

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker medis bila melakukan aktivitas di luar rumah.



Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander K Ginting mengatakan, penggunaan masker medis lebih efektif meminimalisir seorang yang menggunakannya dari paparan virus corona.



"Bukan bermaksud melarang warga untuk menggunakan masker kain," ujar Alexander Ginting dalam diskusi daring Hari Peduli Sampah Nasional: Pekan Peduli Limbah Masker Masyarakat, Minggu (21/2/2021).



Alexander Ginting menjelaskan, penggunaan masker kain oleh masyarakat di tengah keramaian saat pandemi Covid-19 ini, tidak maksimal melindungi pemakai. Sehingga, potensi terpapar virus bisa terjadi.



"Penggunaan masker kain bisa digunakan oleh orang yang menjalani isolasi saat berada sebentar di luar rumah. Misalnya, saat membuka kran air atau melihat kolam ikan di sekitar rumah saja," jelasnya.



Menurutnya,.penggunaan masker medis karena memiliki kemampuan dalam menyaring partikel virus 0,1 sampai 0,5 mikron efektivitasnya 70 persen, sementara masker kain kemampuannya rata-rata 40-45 persen.



"Untuk masker yang berkualitas tinggi dalam melindungi diri.dari bahaya penukaran virus corona adalah jenis N95.  Masker ini dapat mencegah virus hingga 90 persen dibanding masker medis dan masker kain," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama