Jepara Dorong Pengembangan Teknologi Perikanan

JEPARA, suarapembaharuan.com – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak masyarakat untuk mengembangkan bidang kelautan dan perikanan. Sebab, dengan garis pantai sepanjang 83 kilometer, Pemkab Jepara sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wilayah perikanan budidaya.


Istimewa

“Selama ini masyarakat ogah-ogahan untuk melakukan pengembangan perikanan budidaya. Namun, hari ini ditunjukkan bahwa dengan teknologi yang dikembangkan saat ini hasilnya sangat luar biasa,” kata Bupati yang akrab disapa Andi saat melakukan panen raya udang vaname, di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Sabtu (3/4/2021) kemarin.


Untuk itu, bupati mengajak kaum milenial sebagai generasi bangsa untuk terjun dan menekuni budidaya perikanan. Baik perikanan tangkap maupun budidaya di Kabupaten Jepara sangat besar. 


Untuk produksi perikanan tangkap, pada 2020 saja mencapai lebih dari 11 ibu ton. "Kita juga memiliki nelayan sekitar 8.613 orang dengan kapal rata-rata berukuran 5 GT,” katanya.


Sedangkan perikanan budidaya, lanjut Andi, terdiri dari budidaya air tawar, air payau dan air laut. Di mana, luas perikanan budidaya air tawar lebih dari 83 ribu hektare dan air payau seluas lebih dari seribu hektare dengan jumlah pembudidaya sebanyak 1.285 orang yang tergabung dalam 192 kelompok.


“Tahun 2020, produksi udang mencapai lebih dari 2 ribu ton, sedangkan produksi lele mencapai lebih dari 7 ribu ton,” kata Andi.


Andi berharap, para nelayan atau pembudidaya dapat membentuk kelompok-kelompok usaha, berupa koperasi sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya sendiri.


Selain udang, bupati juga melakukan panen lele di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mulia pimpinan Heri Ashari di Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo. Kegiatan panen ikan dan lele ini menunjukkan besarnya potensi perikanan di Jepara.


Sebelum panen raya, juga diserahkan bantuan calon induk lele dari Kementerian Kelautan, Balai Riset Pemuliaan Suka Mandi kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Jepara. Ada empat Pokdakan yang menerima bantuan bibit lele tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama