Pemerintah Kirim 'Pasukan Setan' untuk Basmi KKB di Papua - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

29 Apr 2021

Pemerintah Kirim 'Pasukan Setan' untuk Basmi KKB di Papua

JAYAPURA, suarapembaharuan.com - Prajurit TNI dari Yonif 315/Garuda yang dikenal dengan julukan Pasukan Setan dikerahkan untik melakukan pengamanan sekaligus memberantas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.


Istimewa

Salah satu pasukan elit TNI ini dikirim ke Bumi Cendrawasih karena kemampuannya dalam mengendus keberadaan musuh. Pasukan ini belum pernah gagal dalam melaksanakan tugas negara. Pasalnya, pasukan ini juga memiliki keahlian khusus.


Pasukan Yonif 315/Garuda ini lahir 20 Agustus 1948, yang memiliki Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa Kota Bogor, Jawa Barat. Pasukan ini berada di bawah Korem 061/Surya Kencana (SK), Kodam III/Siliwangi.


Pasukan ini berdiri berdasarkan sejarah perjalanannya di daerah Cirebon. Pasukan ini berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat. Pasukan ini semakin kuat setelah adanya tambahan satu kompi dari Banten.


Pasukan ini kemudian berganti nama menjadi Yon Brigade IV Divisi VI/Siliwangi. Saat ini, pasukan ini dikenal masyarakat karena mengenakan Baret Hijau.


Selanjutnya pada 20 Agustus 1948 ditetapkan sebagai hari jadi kesatuan dengan dislokasi pasukan berada di Panawuan, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


Pasukan Setan bakal ditugaskan untuk memberantas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Papua. Para personel ini sudah menjalani latihan taktik dan teknik pertempuran, termasuk menembak.


Selain itu, mereka memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itulah, Yonif Garuda mendapat julukan Pasukan Setan.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here