Selama 2 Pekan Ramadan, Uang Beredar di Sumut Rp1,3 Triliun - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad




Post Top Ad




27 Apr 2021

Selama 2 Pekan Ramadan, Uang Beredar di Sumut Rp1,3 Triliun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Bank Indonesia (BI) mencatat selama dua pekan Ramadan sebanyak Rp1,3 triliun uang berputar di Sumatera Utara (Sumut). Jumlah tersebut merupakan 50 persen dari jumlah uang yang diprediksi akan beredar di Sumut selama bulan Ramadan. 


Istimewa

Kepala BI Perwakilan Sumut Soekowardjojo mengatakan, angka tersebut diperoleh berdasarkan permintaan bank. Jumlah tersebut dinilai jauh lebih baik dibandingkan masa yang sama di tahun 2020 lalu. 

 

"Tahun ini memang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Karena sudah terserap Rp1,3 triliun selama dua pekan Ramadan," ujar Soekowardojo, Selasa (27/4/2021).

 

Soekowardjojo mengatakan, BI berharap ada tambahan permintaan dari perbankan. Karena itu, permintaan pun bisa naik di atas 4 persen. Memang jika melihat realisasi saat ini, harapan untuk bisa tumbuh di atas 4 persen tetap ada. 

 

"Begitu pun, harus tetap melihat bagaimana realisasinya dua pekan kedepan," katanya.

 

Untuk tahun ini, BI belum melakukan kas keliling sehingga perbankan hanya dapat mengandalkan mesin ATM untuk mendistribusikan uang kartal. Sementara untuk uang pecahan kecil (UPK), penukaran uang dapat dilakukan dalam partai besar lewat perbankan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Kantor Pos dan Pegadaian. 

 

"Untuk pelayanan langsung belum ada karena masih ada pembatasan," ucap Soeko.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here