2.001 Kepling se-Kota Medan Dilibatkan Sukseskan Program Larangan Mudik

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution melibatkan sebanyak 2.001 orang kepala lingkungan (kepling) se-Kota Medan untuk menyukseskan program larangan mudik. Selain itu, sebanyak 151 lurah dan 21 camat di Kota Medan juga ikut terlibat untuk melakukan penyekatan terhadap warga yang tetap nekat mudik. 


Istimewa

Bobby Nasution mengatakan pemerintah sudah melakukan pelarangan mudik Lebaran 2021 mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Meskipun sudah dilarang, sejumlah warga diperkirakan akan tetap nekat mudik di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kali ini. 

 

"Pemerintah sudah melarang mudik, tapi diperkirakan 11 persen masyarakat melanggarnya. Karena itu, kami terus melakukan sosialisasi dan pengawasan," ujar Bobby Nasution, Kamis (6/5/2021). 

 

Istimewa

Bobby mengatakan, saat ini mereka sudah menyiapkan sejumlah posko-posko sebagai titik penyekatan keluar masuk Kota Medan di Lebaran 2021. Langkah ini diambil dalam mencegah adanya warga luar kota keluar masuk Kota Medan. 

 

Bobby mengatakan mudik merupakan salah satu tradisi warga saat lebaran tiba. Namun hal tersebut bukan menjadi kewajiban dilakukan apalagi di tengah pandemi Covid-19. 

 

Seperti diketahui, pemerintah telah melarang pelaksanaan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 guna menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19 akibat mobilitas masyarakat ketika mudik.

 

"Silaturrahim juga dapat dilakukan secara virtual. Kita jaga kesehatan keluarga, dan laksanakan protokol kesehatan. Jadikan pelajaran kejadian peningkatan virus corona di India," kata Bobby.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama