Iklan

Politik

8 Rumah Terbakar di Kabupaten Simalungun

23/05/2021, Mei 23, 2021 WIB Last Updated 2021-05-23T07:03:53Z

SIMALUNGUN, suarapembaharuan.com - Kebakaran besar terjadi di Dusun I, Desa Pokan Baru, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (23/5/2021). Sedikitnya 8 unit rumah ludes terbakar.


Istimewa

Camat Hutabayu Raja, Bangun Sihombing mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun total kerugian warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh aparat kepolisian yang menurunkan ahli forensik ke lokasi kebaran. Kobaran api sudah berhasil dipadamkan," kata Bangun Sihombing.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Simalungun, Sasatra Sirait menyesalkan sikap KEK Sei Mangkai yang tidak menurunkan unit pemadam kebakarannya meskipun sudah dihubungi oleh masyarakat.


"Sudah saya minta bantuan melalui Camat Bosar Maligas dan Administratur KEK Sei Mangke supaya diturunkan pemadam kebakaran, namun dengan banyak alasan, jaraknya jauh, jalan yang rusak, tidak satupun mobil pemadam kebakaran dari KEK Sei Mangke turun membantu," kesal Sastra.


Padahal jika pemadam kebakaran KEK Sei Mangke segera turun setelah dimintai bantuannya, Sastra yakin kebakaran bisa cepat diatasi. Sebaliknya, politisi Partai Gerindra itu mengapresiasi pemadam kebakaran  Pemko Pematangsiantar yang akhirnya turun membantu melakukan pemadaman, hingga kebakaran lebih luas berhasil dicegah.


Pascakebakaran itu, Camat Hutabayu Raja, Bangun Sihombing bersama anggota DPRD Simalungun, Benfri Sinaga, Bangun Sihombing, turun ke lokasi kebakarabln untuk menyalurkan bantuan sembako bagi korban kebakaran.


"Bantuan sembako bagi korban kebakaran diharapkan bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sementara warga yang rumahnya ludes terbakar," kata Bangun.


Untuk sementara korban kebakaran ditampung di rumah kerabatnya dan ada juga yang mungkin akan tinggal sementara di tenda darurat yang sedang dikordinasikan dengan Dinas Sosial dan BPBD Simalungun didirikan.

Komentar

Tampilkan

Terkini