Kemenkes Beberkan Tranmisi Virus dari India, Inggris dan Afrika Selatan - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

4 Mei 2021

Kemenkes Beberkan Tranmisi Virus dari India, Inggris dan Afrika Selatan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membeberkan varian baru virus B117 asal Inggris, B1617 dari India dan B1351 asal Afrika Selatan, sudah masuk ke Indonesia.


Ilustrasi

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menduga, transmisi lokal penularan varian baru virus corona itu sudah muncul.


"Virus corona asal Afrika Selatan maupun India kemungkinan sudah membentuk transmisi mengingat kasusnya ditemukan pada Januari hingga April 2021," ujar Nadia dalam konferensi pers di YouTube, Selasa (4/5/2021).


Disebutkan, varian baru B117 dan B1351 sudah masuk dalam kategori golongan Variant of Concern (VoC) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


"Untuk penularan varian B117 lebih cepat dan bisa menjadi superspreader. Varian ini mempengaruhi tingkat keparahan penyakit, gejala orang yang terinfeksi dari tingkat ringan ke parah, dan berujung pada kematian," ungkapnya.


Begitu juga dengan varian B1351, dapat menimbulkan evektivitas vaksin yang berdampak pada penurunan. Namun efek vaksin masih dapat memberikan dampak yang positif.


"Berbeda dengan varian baru India B1617, yang tergolong Variant of Interest (VoI) oleh WHO. Ada sebanyak 7 jenis dalam varian ini. Masih diteliti dampak dari tingkat penularan dari pasien yang terinfeksi," pungkasnya.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here