Perkuat KSSK, Kemenkeu Dorong Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

4 Mei 2021

Perkuat KSSK, Kemenkeu Dorong Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan koordinasi dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk menjaga stabilitas keuangan sekaligus mendorong dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.


Istimewa

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, koordinasi diperkuat agar masing-masing instrumen kebijakan baik itu fiskal, moneter, regulasi OJK dan dari sisi LPS dengan tujuan agar seluruh fungsi intermediasi dari sektor keuangan, bisa  dipulihkan kembali seiring dengan pemulihan di sektor riil.


“Kita akan menggunakan seluruh policy dan instrumen itu secara bersama-sama dan terkoordinasi serta sinergis sehingga arahnya makin mendorong efektivitas dari masing-masing instrumen dan memberikan dampak yang maksimal bagi pemulihan ekonomi nasional kita,” tegas Menteri Sri Mulyani, dikutip dari laman Kemenkeu, Selasa (4/5/2021).


KSSK akan terus melihat secara detail berbagai potensi dinamika yang terjadi dari dalam negeri. Dalam hal ini seluruh fungsi intermediary dari sektor keuangan dan instrumen yang digunakan untuk bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi. 


KSSK juga akan melihat perubahan dari sisi global ekonomi yang sangat dinamis, terutama dikaitkan dengan tren kebijakan dari ekonomi negara-negara besar yang memiliki potensi spillover ke seluruh dunia. Hal ini akan menjadi perhatian KSSK ke depan, tambahnya.


“Koordinasi yang kuat dan monitoring serta evaluasi yang makin detail akan dilakukan termasuk di dalam melaksanakan implementasi paket kebijakan terpadu dari KSSK yang telah diluncurkan pada bulan Februari yang lalu yang akan terus dievaluasi efektifitasnya,” ungkap Menkeu.


Hal tersebut ditujukan terutama untuk melihat percepatan pemulihan masing-masing sektor yang berbeda-beda dari sisi kecepatan maupun dari sisi dampak covid terhadap sektor tersebut. KSSK akan terus melihat berdasar data dan proyeksi untuk kemudian digunakan dalam merumuskan kebijakan bersama.


“Demikian yang bisa kami sampaikan untuk hasil rapat KSSK untuk periode kuartal pertama yang dilakukan pada akhir April yang lalu. Untuk selanjutnya KSSK akan menyelenggarakan rapat berkala pada bulan Juli tahun 2021 di dalam rangka terus melakukan evaluasi dan sinergi serta koordinasi di antara komponen stabilitas sistem keuangan ini dan mengawal terus pemulihan ekonomi secara berlanjut,” pungkas Menkeu.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here