Viral, Pasien Berobat ke RS USU Membludak dan Duduk di Lantai

Reza


MEDAN, suarapembaharuan.com - Jagat maya viral dengan rekaman kondisi halaman depan RS Universitas Sumatera Utara (USU) yang membludak dengan pasien untuk berobat. Bahkan sampai ada pasien yang duduk di lantai lantaran tak dapat kursi. 

Tangkapan layar pasien berobat ke RS USU duduk di lantai. (Foto : Reza)

Rekaman video ini viral setelah diunggah akun Lumida Tambunan ke media sosial pada Senin (24/5/2021). Terlihat dalam video pasien yang berobat menunggu di depan RS.

 

Terkait video viral tersebut, Humas RS USU M Zeini Zen mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 sejak Maret tahun silam telah melakukan pembatasan jumlah pasien yang berobat. 

"Kami sejak awal pandemi sudah keluarkan pengumuman pasien yang datang hanya dalam kondisi gawat dan mengkhawatirkan. Khusus rawat jalan pasien didampingi satu orang," ujarnya, Selasa (25/5/2021).

 

Dia juga membantah tudingan tidak menyediakan bangku untuk pasien menunggu sehingga sampai duduk di lantai. Sebab memang ada pembatasan tempat duduk sebanyak 50 buah dengan beberapa ditempatkan di luar.

 

"Kami juga buat pembatasan. Kenapa kursi kami bikin di luar, agar ada udara segar dan mengantisipasi jika ada pasien darurat," katanya.

 

RS USU mengimbau kepada pasien untuk tidak ramai-ramai ke rumah sakit di tengah pandemi. Pendamping pasien dibatasi hanya satu orang saja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, RS USU juga akan melakukan evaluasi dan pembenahan untuk kenyamanan masyarakat yang berobat.

 

"Semua kritik dan saran kami terima dengan baik," ucapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama