Iklan

Politik

Bangkitkan Industri Wisata, Sandiaga Uno Sosialisasi Desa Wisata Denai Lama

10/06/2021, Juni 10, 2021 WIB Last Updated 2021-06-09T23:30:00Z

DELISERDANG, suarapembaharuan.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan sosialisasi desa wisata Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Rabu (9/6/2021). Sosialisasi itu diharapkan dapat menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu.  

Istimewa

Selain itu, sosialisasi bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

 

“Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia,” katanya.

 

Desa wisata Paloh Naga memiliki daya tarik. Pengunjung yang datang di lokasi ini disuguhkan dengan view persawahan yang disulap dengan berbagai dekorasi gubuk di atas hamparan sawah yang hijau. 

 

Para pengunjung juga disuguhkan dengan berbagai kuliner tradisional seperti, nasi bakar, pecel, lontong sate bumbu kacang, dan minuman air kelapa muda. 

 

Kesemuanya itu disajikan dengan transaksi tidak menggunakan uang, melainkan dengan barter menggunakan kepeng atau kepingan kayu yang dihargai satu kepengnya seharga Rp2.000.

 

Sandi mengatakan, wisata Pasar Paloh Naga memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata, Sandi melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang.

 

“Ini merupakan prestasi tersendiri bagi kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menghargai semangat desa untuk membangun desa wisata dengan agrowisata yang unik merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional,” paparnya.

 

Desa wisata Denai Lama, Kabupaten Deliserdang dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena desa tersebut terkenal dengan literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu dan Batak yang juga menghasilkan kerajinan yang beragam, seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, kain batik jumputan, dan kerajinan dari batok kelapa.

Komentar

Tampilkan

Terkini