Iklan

Politik

Eko Yuli Berharap Angkat Besi Populer di Masyarakat

23/09/2021, September 23, 2021 WIB Last Updated 2021-09-23T13:37:47Z

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan berharap cabang olahraga (cabor) yang ditekuninya bisa populer di mata masyarakat luas. Untuk itulah lifter andalan Indonesia kelas 65 kg ini terus berusaha maksimal dalam kompetisi internasional seperti  Olimpiade dan ajang lainnya. 


Istimewa

Namun sayang keinginan Eko Yuli meraih emas di Olimpide Tokyo 2020 (2021) lalu gagal terwujud. Eko harus puas kembali meraih medali perak sama dengan yang diraihnya saat olimpiade Rio 2016.


Menjadi pembicara dalam acara Bincang Inspiratif Visa “Wujudkan Mimpi di Tengah Keterbatasan”, Kamis (23/9/2022/1), Eko Yuli mengatakan, hasratnya untuk meraih emas Olimpiade adalah untuk memperkenalkan angkat besi yang kurang populer di masyarakat.


"Angkat besi bukan cabang olahraga yang populer. Harapan saya dengan meraih emas olimpiade cabang ini semakin digemari masyarakat," kata dia yang bertekad mewujudkan impiannya tersebut di ajang olimpiade 2024 Paris. 


Eko Yuli sudah tampil di empat Olimpiade. Dari empat penampilannya selalu berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia. Olimpiade 2008 Beijing meraih perunggu, 2012 London perunggu, 2016 Rio perak dan 2020 Tokyo perak. Dia menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali di empat edisi beruntun.


Kini Eko Yuli Irawan mengaku tidak akan meremehkan lawan-lawannya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021.


Atlet kelahiran Lampung tersebut yang membela kontingen Jawa Timur itu menetapkan fokus dan motivasi yang sama seperti saat kejuaraan internasional. 


"Saya akan membela Jawa Timur. Rencananya 3 Oktober akan berangkat ke Papua dan mulai bertanding pada 6 Oktober," kata Eko.


Dia mengatakan, tampil di PON merupakan tugas daerah, sehingga tetap mempersiapkannya dengan maksimal dan motivasi yang sama seperti saat Olimpiade.


 "Tidak ada sikap untuk meremehkan lawan. Semua lawan kami anggap berat walaupun kejuaraan level nasional," kata dia.


Dia juga berharap penampilannya di PON Papua bisa memotivasi atlet junior lainnya untuk bisa meraih prestasi tertinggi di cabang angkat besi, baik nasional maupun internasional. 


President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan Eko Yuli merupakan salah satu atlet berprestasi di Indonesia. Prestasi terbarunya meraih medali perak Olimpiade Tokyo. 


"Selain itu juga pernah juara dunia dan memegang rekor dunia. Dia telah banyak mengharumkan nama bangsa," kata Riko. 


Dengan sederet prestasi yang pernah didapatnya, diharapkan dapat menular kepada atlet-atlet junior Indonesia untuk membawa harum nama Indonesia ke kancah dunia. 


"Eko Yuli menjadi inspirasi bagi junior-juniornya dari mental juara dan motivasi untuk tetap sehat dan bugar," tutup dia.




Komentar

Tampilkan

Terkini