Iklan

Politik

Bidik World Cup 2024, PP FHI Gelar TC Timnas Hockey Indoor Mandiri

21/11/2021, November 21, 2021 WIB Last Updated 2021-11-21T12:36:07Z

DEPOK, suarapembaharuan.com - Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP FHI) pimpinan Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah mulai menjalankan program pembinaan atlet dalam upaya mengangkat prestasi olahraga hoki Indonesia. Hal ini sebagai bentuk komitmen PP FHI yang sudah mendapat pengakuan dari Federasi Hoki Internasional (FIH).  


Ist

Kini, sebanyak 50 pemain hockey (25 putra dan 25 putri) potensial dari hasil Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dipanggil untuk menjalani Trainning Centre (TC) Tim Nasional (Timnas) Hockey Indoor Indonesia di Sports Hall Arthayasa Cinere Depok, Jawa Barat.


TC ini bertujuan untuk menjaring atlet-atlet hockey potensial untuk memperkuat Timnas Hockey Indoor Indonesia yang akan diterjunkan pada Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup yang akan digelar di Thailand, 21-28 Maret 2022. Targetnya, Timnas Hockey Indoor Indonesia baik putra maupun putri menembus babak final sehingga bisa meraih tiket pada Kejuaraan Hockey World Cup 2024.


"Setelah diskusi dengan pelatih asal Malaysia, Dharma Raj, PP FHI memutuskan TC Timnas Hockey Indoor Indonesia harus segera dijalankan. Pertimbangannya bukan hanya kondisi fisik pemain hockey dari berbagai daerah yang masih bagus tetapi waktu TC selama empat bulan itu sangat ideal dalam upaya mencapai target final sekaligus meraih tiket ke World Cup 2024," kata Sekjen PP FHI, Yasser Arafat Suaidy usai membuka TC Seleknas untuk Timnas Hockey Indoor Indonesia di Sport Hall Arthayasa Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (21/11/2021) .


Dalam menjalankan TC , PP FHI menggunakan biaya mandiri dengan menyewa Sport Hall Arthayasa dengan memasang interlock (lapisan permukaan lapangan indoor). "Saat ini, PP FHI menjalankan TC masih menggunakan biaya mandiri. Dan, kami yakin Kemenpora akan memberikan perhatian dan dukungan," kata Yasser.


Dari hasil TC itu, kata Yasser, akan dijaring 12 pemain putra dan 12 pemain putri yang akan memperkuat Timnas Hockey Indoor Putra Indonesia dan Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia.


Ist

"Kalau target final bisa terpenuhi berarti Timnas Hockey Indonesia akan mencatat sejarah pertama kali tampil di World Cup," kata Yaser sembari menyebut sebelum tampil Timnas Hockey Indonesia akan menjalani TC di Eropa.


Dharma Raj sendiri mengapresiasi komitmen PP FHI dalam menjalankan TC Timnas Hockey Indoor dalam upaya mencapai target final di Asia Cup 2022. Dan, dia menilai waktu empat bulan persiapan sudah cukup untuk membentuk Timnas Hockey Indoor Indonesia yang siap bersaing.


"Saya akan berusaha maksimal untuk mewujudkan keinginan PP FHI. Dan, saya berharap pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan sehingga TC terus berjalan dan terbentuk Timnas Hockey Indoor Indonesia yang berkualitas dan siap bersaing," ujarnya.


Berbicara masalah peluang Timnas Hockey Indoor Indonesia untuk lolos ke World Cup 2024, kata Dharma Raj yang pernah membawa Timnas Hoki Junior Malaysia menjadi juara Asia 2012 dan lolos World Cup 2013, cukup terbuka. Apalagi, pemain hockey terbaik di PON XX Papua sudah menjalani TC.


"Saya paham benar dengan peta kekuatan hockey indoor di kawasan Asia. Untuk bisa lolos ke World Cup 2024, Timnas Hockey Indoor Putra Indonesia harus menjadi finalis. Saya rasa kita punya peluang mendampingi Iran yang selalu merajai event Asia. Skill pemain hockey Indonesia itu tidak jauh berbeda dengan Malaysia dan Kazakhstan yang biasanya menjadi runner up sekaligus mendamping Iran di World Cup," kata Dharma Raj.


"Begitu juga dengan Timnas Hockey Indoor Putri Indonesia yang harus merebut gelar juara untuk mendapatkan tiket ke World Cup 2024 bersaing dengan Malaysia dan Thailand yang biasanya menjadi wakil Asia di World Cup," tambahnya.


Secara terpisah, pemain hockey putri Jawa Barat, Rahma Dwi Aulia merasa senang bisa dipanggil mengikuti TC Timnas Hockey Indoor Indonesia. Bahkan, mahasiswi UPI ini menyatakan siap besaing untuk memperebutkan 12 tiket ke Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022. Begitu juga dengan pemain hockey putra, Muhamad Alfiana.


"Saya siap bersaing untuk merebut tempat di Timnas Hockey Indoor Putri Indonesia," kata Rahma yang menjadi kunci kesuksesan Tim Hockey Putri Jawa Barat saat mengalahkan Tim Hockey DKI Jakarta di final sekaligus merebut gelar juara PON XX Papua 2021.


"Ya, saya itu menunda thesis karena adanya TC Timnas Hockey Indoor. Makanya, saya harus bisa menebusnya dengan memperkuat Timnas Hockey Indoor Putra Indonesia di Asia Cup 2022 nanti," timpal Alfiana yang akan mengambil S-2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.


Tekad yang sama juga dilontarkan tiga pemain hockey putra asal Papua yakni Dames Firad Maryen, Melkias Matias Numanderi, dan Putus Beleku. "Ini pertama kali saya dipanggil TC Timnas Hockey Indonesia. Target saya yah harus bisa terpilih memperkuat Timnas Hockey Indoor Putra Indonesia," kata Putus Beleku yang diamini Dames Firad Maryen dan Melkias Matias Nurmanderi.


Kategori : News

Editor     : AHS



Komentar

Tampilkan

Terkini