Parit Jalan Nasional Sumbat dan Rusak, Kades Ajak Warga Desa Kalang Gotong Royong

DAIRI, suarapembaharuan.com - Warga Dusun V Desa Kalang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Sumatera Utara bergotong royong membersihkan parit Jalan Nasional. Aksi bersih-bersih ini di inisiasi Kepala Desa Kalang Ranto Nababan. Pemuda 33 tahun itu mengaku miris melihat kondisi parit yang tersumbat karena sampah dan tanah yang menumpuk. Banyak warga mengeluh terkait kondisi ini.




"Kalau hujan air naik kejalan ini bg. Kadang kasihan lihat anak sekolah juga. Kalau lewat kendaraan, tersiramlah," kata Ranto, Jumat (18/2/2022).


Jumat pagi setelah di himbau, warga terlihat membawa peralatan kerja masing masing, kemudian bergotong royong mengeluarkan material  tanah dan lumpur dari dalam parit. Tanah dan lumpur itu kemudian di angkut dengan Dam Truck milik Ranto.


"Harus bisa kita buat bersih ini. Pokoknya kalau datang hujan jangan ke jalan lagi airnya. Tapi ini kayaknya kerjaan lama, Jumat depan harus di lanjut lagi," ucap Ranto.


Rencananya Ranto akan menyurati Kantor Lingkungan Hidup untuk meminta bantuan pengangkutan mobil sampah dan mobil pemadam kebakaran agar bisa menyemprot parit. Menjaga kebersihan masyarakat di himbau agar tidak membuang sampah ke parit. Menurutnya kesadaran masyarakat harus dibina. Ranto juga berharap parit di  sepanjang Jalan Nasional ini segera di perbaiki.


"Sebenarnya ini bukan urusan kita tapi karena ini masuk di lingkungan Desa Kalang, kita tanggapi aja semampu kita," kata Ranto.


Gotong royong dilakukan bersama masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, LPM, Perangkat Desa, dan semua organisasi yang ada di desa kalang. 


Lebih baru Lebih lama