Ukraina Minta Bantuan China Bujuk Vladimir Putin untuk Hentikan Invasi

UKRAINA, suarapembaharuan.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina, Dmytro Kuleba, meminta bantuan Menlu China, Wang Yi, agar negaranya membujuk Rusia untuk menghentikan serangan ke Ukraina.


Vladimir Putin. (Reuters)

Permohonan bantuan itu disampaikan Dmytro Kuleba kepada Wang Yi melalui telepon, Selasa (01/03/2022) kemarin. China diminta membujuk Vladimir Putin untuk menghentikan serangan ke Ukraina.


Dalam pernyataan yang disampaikan Kementrian Luar Negeri Ukraina, dari hasil pembicaraan tersebut, Wang menyatakan pada Kuleba, bahwa China siap membantu dengan melakukan berbagai upaya melalui diplomasi agar perang segera berakhir.


Wang juga mengulangi seruan negaranya untuk mencari solusi krisis Rusia dan Ukraina melalui negosiasi. Pemerintahannya juga mendukung semua upaya internasional yang dapat membantu mencapai resolusi politik.


Hubungan China dengan Rusia semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu China memiliki hubungan diplomatik yang baik serta kerja sama perdagangan yang kuat dengan Ukraina.


Namun China menolak untuk mengecam serangan Rusia ke Ukraina serta tidak menyebutnya sebagai invasi.


Percakapan telepon kedua menlu merupakan yang pertama sejak serangan Rusia ke Ukraina pada Kamis lalu. Kemlu China mengungkap, Kuleba yang berinsiatif menghubungi Wang.


Pada Januari lalu, Presiden China Xi Jinping menandai 30 tahun hubungan dengan Ukraina, memuji kepercayaan timbal balik politik yang mendalam di antara kedua negara.


Kategori : News

Editor     : PAS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama