Wagub Sulut Ingatkan Tugas dan Fungsi Sekda di Kabupaten/Kota

SULUT, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs.Steven O.E Kandouw menggelar rapat Forum Sekretaris Daerah (Sekda) se-Sulawesi Utara di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.


Ist

Dalam rapat tersebut, Wakil Gubernur Sulut menegaskan tugas dan fungsi sekda di kabupaten/kota soal karakteristik tujuan tertentu dalam pemerintahan.


"Sekda juga mempunyai tugas terkait target nasional, yang merupakan tugas pemerintah daerah. Tugas sekda mengingatkan kepala daerah. Jangan sampai tidak selaras" kata Wagub. 


Disebutkan, hubungan horizontal hubungan antara eksekutif dan legislatif, seorang sekretaris harus mampu menjembatani ini.


"Sekda harus objektif, rasional termasuk hubungan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekda harus mampu memberi pencerahan", ungkap Wagub Kandow. 


Wakil Gubernur juga mengingatkan seluruh sekda supaya memperhatikan penanggulangan stunting yang merupakan masalah internasional.


Kemudian masalah global warming, energi terbarukan, begitu juga penangulangan tematik sekarang seperti penangulangan Covid19 harus bicarakan termasuk vaksinatornya harus ada koordinasi.


Dalam rapat forum itu, seluruh sekda menerima pembekalan materi dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr.Drs.Agus Fatoni, MSi, Rektor Universitas Delasalle Prof. Johanis Ohoitimur dan Robby Memuaja Mantan Sekda Provinsi Sulut. 


Dalam rapat itu  Wagub didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Asiano G.Kawatu.


Kategori : News

Reporter: Yongky Sumual

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama