Bupati Toba Resmikan Anjungan Listrik Mandiri di Balige

TOBA, suarapembaharuan.com - Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus meresmikan dan mengucapkan terima kasih atas beroperasinya Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Kamis (28/4/2022).


Ist

Menurut Darwin Simanjuntak, Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga, bahwa selama ini untuk pengecasan batrei keperluan untuk KMP Pora Pora menggunakan genset saat bersandar, namun, sejak adanya anjungan listrik mandiri, pengecasan tidak lagi menggunakan genset. 


"KMP Pora Pora sudah menggunakan anjungan listrik mandiri (ALMA), dan selain itu, mobil listrik juga dapat mengecas disini," kata Darwin. 


"Untuk anjungan listrik mandiri di pelabuhan Balige dan pelabuhan Muara yang baru diresmikan ini adalah yang ketiga setelah di Medan dan Pematang Siantar. Anjungan listrik mandiri ini langsung beroperasi," sebut Darwin Simanjuntak.


Penggunaan anjungan listrik mandiri ini juga, lanjutnya, sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak solar hingga 40 persen.


Sekaligus mendukung program Go Green (peduli lingkungan) agar Danau Toba tidak tercemar. 


"Semakin banyak angkutan danau memakai fasilitas anjungan listrik mandiri ini juga akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) ke Kabupaten Toba," kata Darwin.


Seusai meresmikan, Bupati Poltak Sitorus didampingi Pj Sekdakab Toba, Augus Sitorus bersama Manajer PT PLN (Persero) UP3 Sibolga, Darwin Simanjuntak, GM ASDP Indonesia Ferry Sibolga, Partogi Tamba, dan Kasatpel Balige, Marudut Tobing langsung meninjau  KMP Pora Pora yang sudah menggunakan anjungan listrik mandiri (ALMA). 


"Suasana terasa nyaman karena tidak ada lagi suara mesin genset," kata Bupati.


Bupati Poltak Sitorus menyebutkan, Pemkab Toba mendukung inovasi PT PLN (Persero) dan juga meminta dukungannya atas rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kecamatan Uluan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di wilayah  yang meliputi tiga kecamatan yaitu Habinsaran, Borbor, dan Nassau (Habornas).


Hal ini terkait ditetapkannya   Kabupaten Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas.


"Tentunya pemakaian listrik pasti meningkat karena kebutuhan untuk menunjang sektor pariwisata seperti perhotelan dan lainnya, bahkan harapannya juga untuk kedepannya kendaraan listrik akan semakin banyak di wilayah Toba ini," sebutnya.


Bupati Poltak Sitorus pada kesempatan ini juga turut menyaksikan penandatanganan penyerahan Memorandum of Understanding (MoU) tentang ALMA Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige dan Pelabuhan Muara antara PT PLN (Persero) UP3 Sibolga dengan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Sibolga.


Turut mendampingi Bupati, Plt. Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jonni D.P Lubis, Plt. Asisten Administrasi Umum, Verry S. Napitupulu, Plt. Kadis Perhubungan, Herbin Tampubolon, Kabag Protokol dan Komunikasi, Try Sutrisno Samosir, dan pejabat terkait lainnya. (ES)


Kategori : News

Editor     : ZHR


Lebih baru Lebih lama