Kreativitas Tanpa Batas Memanfaatkan Dunia Digital

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kreatif dan produktif memanfaatkan dunia digital merupakan kemampuan dalam mengembangkan ide-ide, menemukan, dan memanfaatkan peluang-peluang. 



Perkembangan digitalisasi merupakan peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup, seperti dalam meningkatkan citra diri maupun bisnis. 


Sebab itu, kita merupakan generasi yang harus bisa menyesuaikan perkembangan digital tersebut, dengan kreativitas memanfaatkan digitalisasi.


Demikian kesimpulan dalam diskusi Webinar Ngobrol Bareng Legislator, yang diadakan oleh Aptika Kominfo dan DPRI, dengan tema "Kreatif dan Produktif Memanfaatkan Dunia Digital", Kamis (28/4/2022). 


Helen Wangsa, selaku Abang None Jakarta Barat mengatakan digitalisasi hampir menjadi kebutuhan masyarakat. Jadi harus memanfaatkan dunia digital untuk mendatangkan manfaatkan bagi diri sendiri maupun orang lain. 


“Kreatif memanfaatkan dunia digital  tanpa batas dan produktif harus selalu tanpa batas. Niscaya kita akan terus berkembang dan maju," ujarnya.


Perkembangan teknologi yang begitu pesat, mengakibatkan seluruh aktivitas kita sudah hampir bergantung pada kemampuan dunia teknologi, baik pendidikan, kesehatan, maupun perdagangan. Semua dapat dijangkau lebih cepat, murah dan efisien. 


"Dalam kondisi percepatan digital tersebut maka penting bagi kita semua menyesuaikan diri dan belajar semaksimal mungkin agar bisa beradaptasi dan memanfaatkan digital," ucap A. Rizki Sadig, selaku Komisi 1 DPR.


Namun masifnya penggunaan internet yang merupakan wujud dari perkembangan digital di Indonesia harus kita akui membawa berbagai risiko, seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan konten negatif lainnya. 


Sebab itu Rizki Sadig mengingatkan perlunya kebijaksanaan dan kehati-hatian dalam melakukan aktivitas untuk menjaga kehormatan, kepentingan keluarga dan masa depan. 


"Jangan sampai kita memposting sesuatu yang mungkin akan kita sesali dimasa yang akan datang. Oleh karena itu saran saya posting-lah sesuatu yang baik yang positif agar dapat memotivasi, seperti memanfaatkan sosial media dalam mengeksplor hobi kita," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama