Karantina Belawan Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp319 Miliar

BELAWAN, suarapembaharuan.com - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan kembali melepas ekspor komoditas pertanian asal Sumatera Utara (Sumut), berupa 9.701 ton hasil tumbuhan hidup, 197 ribu batang tumbuhan hidup dan 3.228 M3 kayu ke 45 negara. 


Ist

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Jumat (8/4/2022), komoditas pertanian bernilai  ekonomis Rp 319 miliar tersebut, diekspor  melalui Pelabuhan Belawan, Kamis (7/4)/2022).


“Sebelum diekspor Karantina Pertanian Belawan melakukan serangkaian tindakan karantina guna memastikan komoditas pertanian sehat dan aman  diterima negara tujuan,” ungkap Kepala Karantina Pertanian Medan, Andi PM Yusmanto.


Menurut Andi, dukungan pemerintah daerah dan kerjasama petani dan pelaku usaha yang sinergis, sehingga produk berkualitas dan pasar dapat terus berkelanjutan.


Ist

“Untuk itu, kami akan terus mendorong para pelaku usaha di bidang pertanian dengan memberikan bimbingan teknis pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari sesuai yang dipersyaratkan negara tujuan supaya ekspor lancar dan meningkat, “ terang Andi.


Sebagai informasi, pada saat yang sama Presiden RI, Jokowi Widodo dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Jambi juga melepas ekspor komoditas pertanian berupa pinang biji.  Dengan total volume 126 ton senilai Rp 4,069 milliar.  Komoditas unggulan asal sub sektor perkebunan ini menunjukan tren peningkatan nilai yang cukup signifikan. 


Tercatat secara nasional ekspor komoditas pinang biji di tahun 2021 sebanyak  215.260 ton dengan nilai ekonomi mencapai Rp. 5,11 trilliun, meningkat hampir dua kali lipat dibanding capaian nilai tahun 2020 yang hanya  Rp. 2,85 triliun saja.


Selain memberikan sejumlah bantuan kepada para pekebun pinang dalam rangka mendorong terus berkembangnya komoditas unggulan ekspor ini, Presiden berpesan agar komoditas yang diekspor harus diolah terlebih dahulu. 


"Saya tugaskan Menteri Pertanian untuk menyiapkan varietas komoditas pertanian unggulan yang bagus dan baik agar menghasilkan komoditas yang unggul," ujar Presiden Jokowi.


Kategori : News

Editor     : YZS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama