DPD HWK Segera Bentuk Koperasi UMKM di Kabupaten/Kota di Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Seiring pada kemajuan teknologi digital yang begitu cepat dan sangat pesat dalam pengantaran informasi pemasaran hasil UMKM, Wanita Himpunan Karya DPD Sumatera Utara (Sumut) sangat peduli dengan kemajuan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam pengembangan usaha.



Hal ini disampaikan saat melakukan penyuluhan UMKM belum lama ini oleh DPD HWK Sumatera Utara. Hadir dalam gelaran penyuluhan UMKM Kabid Pengembagan Koperasi, Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sumut Drs Unggul Sitanggang MSI, Ketua DPD HWK Sumut DR Hj Juliana Maulina MSI dan Biro IPTEK Narty,  Biro Koperasi Ida Purnama,  Sekretaris DPD HWK,  serta segenap pengurus dan anggota DPD HWK Sumut.


Ketua DPD Himpunan  Wanita Karya (HWK) Sumut DR Hj Juliana Maulina mengoptimalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah dengan membentuk Koperasi UMKM HWK di seluruh kabupaten/kota.


"Koperasi UMKM  yang sudah dibentuk nantinya akan menjadi wadah bagi UMKM-UMKM di Sumatera Utara," harap Ketua DPD HWK Provinsi Sumatera Utara DR Hj Julia Maulina MSi pada acara penyuluhan pembentukan koperasi di Aula Kantor Golkar Sumut, Sabtu pekan kemarin.


Sementara itu, Kabid Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sumut Drs Unggul Sitanggang MSi menyampaikan  agar nantinya para pelaku UMKM wajib membuat NIB. Dan Koperasi yang dibentuk sebaiknya koperasi simpan pinjam  yang  dapat membantu anggota yang  mempunyai  UKM.


Lebih lanjut dikatakannya,  keterlibatan koperasi nantinya dapat menjembatani dalam mendorong implementasi pengelolaan terpadu Usaha Mikro dan Usaha kecil menengah (UKM)  yang saat ini memang sedang fokus dalam pemberdayaan sektor rill dibeberapa programnya. 


Sekretaris HWK DPD Sumut mengatakan disela-sela rangkaian acara, terkait dengan sinergi antara koperasi dengan Himpunan Wanita Karya (HWK) DPD Sumatera Utara menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan dan UKM Sumut. 


"Atas nama pimpinan dan segenap pengurus mengucapkan terimakasi kepada dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut semoga jalinan ini bisa menjadi kemajuan bagi Himpunan Wanita Karya (HWK)  dan tentunya kami juga berharap momentum ini dapat lebih mendorong lajunya kebangkitan koperasi di Sumatera Utara, " harapnya. 


Hj Fauziah Bancin juga membeberkan, belum lama ini DPD Wanita Himpunan Karya (HWK) Sumatera Utara telah melaksanakan Konsolidasi yang diikuti dengan pelatihan, ini dilaksanakan di lima (5) Kabupaten/kota dan melakukan study banding di Provinsi Sumbar. 


Kategori : News

Editor     : AAS


Lebih baru Lebih lama