Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif

SUMEDANG, suarapembaharuan.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif) sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerahnya.


Ist

Menparekraf Sandiaga Uno bersama para pelaku UMKM pada acara Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, baru - baru ini.


Menparekraf Sandiaga Uno saat acara Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023), menjelaskan Uji Petik PMK3I merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.


“Uji petik ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekosistem ekonomi kreatif pada kabupaten dan kota dari bawah ke atas atau secara bottom-up, melalui mekanisme pengisian borang dan uji petik,” ujarnya.


Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan pentingnya memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memperkuat branding dari produk-produknya.


Salah satu bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia ini. Selain dari itu, Kemenparekraf/ Baparekraf juga terus memberikan penguatan bagi ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif.


“Kalau di Kabupaten Sumedang, dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” ujanya.


Sementara itu, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menyatakan, kesiapannya untuk mengikuti Uji Petik agar para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga semakin berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam penguatan jejaring di antara para pelaku ekonomi kreatif.


“Warga Sumendang yang saya cintai, dan saya pertaruhkan jabatan saya bahwa kita siap melakukan Uji Petik,” katanya.


Dalam kesempatan tersebut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto, Direktur Musik, Film, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama