Bahas Isu Hubungan Internasional di Debat Capres, Prabowo Subianto Nampak Percaya Diri dan Kuasai Materi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dalam debat ketiga capres, Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden nomor urut 2, menegaskan pendapatnya mengenai Hubungan Internasional Indonesia. Baginya, aspek terpenting dalam HI adalah kepentingan geopolitik dan ekonomi.



"Dalam hi yang penting bagi indonesia yang penting adalah kepentingan geopolitik dan ekonomi kita,” kata Prabowo Subianto di JCC Senayan Jakarta Pusat pada Minggu, (07/01/2024).


Prabowo Subianto juga menyoroti pentingnya Indonesia memperkuat perekonomian domestik melalui optimalisasi pengelolaan kekayaan serta proses hilirisasi sumber daya guna meningkatkan nilai tambah demi kesejahteraan rakyat.


“kita harus memperkuat ekonomi dalam negeri Indonesia, menjaga kekayaan dan mengelola kekayaan itu, kita harus hilirirsasi supaya nilainya naik, kita kumpulkan kekuatan aset-aset dan keuangan kita, dan sejahterakan rakyat kita,” sambungnya.



Prabowo Subianto percaya bahwa langkah-langkah semacam itu akan meningkatkan reputasi Indonesia dalam konteks Hubungan Internasional, yang akan membuat negara ini lebih dihormati. Sebagai bukti, dia menunjukkan minat yang tumbuh dari beberapa negara di Afrika yang mulai mengamati Indonesia dan tertarik untuk mempelajari pengalaman Indonesia.


“Baru kita akan disegani kita akan didengar oleh semua negara. kita sekarang pun sudah jadi panutan bagi negara di Afrika. banyak negara afrika dateng ke kita dan mau belajar ke kita karena dianggap berhasil,” tandasnya.


Dilihat dari pernyataannya, hal itu menunjukkan bahwa Prabowo Subianto memiliki pemahaman yang dalam mengenai bagaimana Indonesia seharusnya berperilaku dalam Hubungan Internasional agar mendapat penghargaan dari negara-negara lain.


Debat ketiga ini akan menitikberatkan pada aspek-aspek seperti pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Sebelumnya, dalam debat pertama bagi calon presiden dan wakil presiden yang diadakan di Kantor KPU pada Selasa, 12 Desember 2023, fokusnya adalah pada isu pemberantasan korupsi.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama